Rabat Beton di desa Sumber Argo kecamatan Sumber malang hanya berusia Seumur Jagung. - MEDIA NASIONAL CAKRAWALA

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

25 August 2020

Rabat Beton di desa Sumber Argo kecamatan Sumber malang hanya berusia Seumur Jagung.



SITUBONDO,MEDIA NASIONAL CAKRAWALA

Penggunaan dana desa untuk pembangunan jalan rabat beton penghubung antara Desa sumber argo dusun sumber selatan   lokasi RT 02 RW 01 dan ini adalah juga  jalan penghubung ke dusun  sumber tengah/ deluang yang terletak di Desa Sumber Argo Kecamatan Sumber malang kabupaten Situbondo Jawa timur  dikeluhkan ketua Umum LSM SITI JENAR Eko Febrianto. Pasalnya, selain dugaan kuat dikerjakan asal-asalan, hasil pekerjaan banyak yang telah mengalami kerusakan.


Padahal, berdasarkan informasi yang dikumpulkan di lapangan oleh Tim  pekerjaan itu baru seumur jagung, namun kondisinya telah mengalami kerusakan. Tampak jalan mulai seperti adanya ukiran-ukiran dan bercecernya matrial yang membuat tidak layak dipakai. Disinyalir kegiatan tersebut hanya menjadi bancakan oknum aparat desa karena tak sesuai harapan. Ujar Eko


"Kalau kami lihat sepintas, terlihat dari kasat mata saja. Namun, kalau bicara kualitas, masih jauh dari harapan. Jalan ini tidak akan bertahan lama, harapan kami agar lebih diperhatikan lagi," kata salah satu aktivis Situbondo ini

Dia pun berharap pemerintah melalui dinas terkait agar dapat melakukan cross check ke lapangan guna memeriksa baik fisik maupun administrasi. Sebab, mereka menduga banyak pekerjaan yang dikerjakan asal-asalan oleh oknum pejabat desa sehingga menuai kontroversi di tengah-tengah masyarakat. seperti kita ketahui bersama pengecekan kegiatan khususnya di daerah pedalaman / pelosok ini nyaris tidak dilaksanakan oleh pihak terkait dengan alasan masa pandemi covid dan saya kira ini tidak boleh kita benarkan karena ini berkenaan dengan pengelolaan keuangan negara dan asas manfaat masyarakat di bawah.


"Jadi pembangunan ini kan tujuannya agar bermanfaat luas bagi peningkatan ekonomi rakyat. Lah, kalau belum apa-apa sudah demikian, bagaimana mau bisa dirasakan manfaatnya. Padahal kegiatan ini di garap di Akhir Tahun 2019 nah sekarang udah seperti ini kondisinya.Hal ini terlihat di permukaan badan jalan tak dikerjakan dengan merata. dan banyak mengalami keretakan.


Padahal, secara keseluruhan jalan rabat beton yang dibangun dengan menggunakan dana  anggaran 2019 ini  juga ada masalah lain dalam proses pembangunan jalan rabat beton ini, sebab tak ada papan informasi mengenai proyek jalan itu.

 


Alhasil, masyarakat setempat setelah dikorek keterangan nya oleh beberapa tim dari Lsm Siti Jenar tidak mengetahui berapa anggaran dan waktu pengerjaan jalan rabat beton itu. Padahal, papan proyek tersebut wajib dipasang sebagai sarana informasi bagi masyarakat. Papan itu juga sebagai bentuk transparansi sesuai dengan UU 14 tentang keterbukaan informasi publik tahun 2008 dan ini juga merupakan sebuah tanggung jawab pemerintah desa kepada masyarakat dalam mempertanggung jawabkan anggaran yang mereka digunakan. Pungkas Eko.


Sementara Kades Sumber Argo Kecamatan Sumber malang Kades Jalis / Pak Kom. saat dikonfirmasi awak media mengatakan dan mengakui kalau anggaran yang di pakai tersebut adalah anggaran 2019

*Baim*

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages