Mahasiswa KKN UNEJ Melakukan pemberdayaan Masyarakat Desa Kampung Halamanya untuk membuat Hand Sinitizier dengan Ekstrak Lidah Buaya - MEDIA NASIONAL CAKRAWALA

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

08 August 2020

Mahasiswa KKN UNEJ Melakukan pemberdayaan Masyarakat Desa Kampung Halamanya untuk membuat Hand Sinitizier dengan Ekstrak Lidah Buaya


Banyuwangi,Media Nasional Cakrawala

Seiring dengan masa pandemi Covid-19 KKN kali ini saya jalankan di KabupatenBanyuwangi merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi  jawa  Timur tepatnya di Kecamatan Tegaldlimo, Desa Purwoagung yang  merupakan kampung halaman  sendiri.

Desa Purwoagung sebagian besar geografisnya adalah persawahan sehingga mayoritas pekerjaan masyarakatnya ialah sebagai petani dan buruh 

Pada Kuliah Kerja Nyata ( KKN) kali ini karena masa  pandemi virus covid-19 sejak bulan maret 2020, UNEJ membuat kebijakan mahasiswa yang pulang kampung KKN dilakukan dengan mengabdi untuk berkontribusi dalam mengatasi masalah dilingkungan kampungnya masing-masing. 

Pandemi Covid -19  tidak dapat dipungkiri sangat berdampak pada perekonomian masyarakat di seluruh penjuru Indonesia tak terkecuali pada Desa Purwoagung Kecamatan Tegaldlimo. 

Sejumlah 2 orang warga Kecamatan Tegaldlimo positif Covid 19  Meskipun hanya sedikit tetapi resiko masyarakat terkena virus sangatlah besar dikarenakan notabene masyarakat desa adalah berkumpul dan tingkat pencegahan penularan virus seperti menjaga kebersihan diri masih kurang dan Di sisi lain dampak sosial distancing ada juga masyarakat yang kehilangan kesempatan untuk memperoleh penghasilan karena  terkena dampak covid 19  seperti kehilangan pekerjaan.

Karena dua hal tersebut penulis terpikirkan untuk membuat suatu solusi dengan melakukan pemberdayaan pembuatan Handsinitizier yang menggunakan bahan alami dan aman di aplikasikan pada kulit,  yaitu dengan lidah buaya yang sudah terbukti berkhasiat mengatasi masalah kulit dan juga mengandung bahan sebagai antiseptik. Produk ini nantinya  didistribusikan ke penjuru daerah dengan harapan  tambahan icon daerah saya sendiri dan untuk menarik masyarakat agar memakainya.

Hand sisnitizier merupakan desinfektan yang aman digunakan untuk tangan. Fungsinya sendiri adalah membersikan  mikroorganisme yang terdapat pada telapak tangan kita. Maka dari itu diharapkan jika pembuatan hand sinitizier di buat dan diperjualkan  oleh dan untuk masayarakat sendiri akan meningkatkan  daya jual beli juga meningkatkan pola hidup bersih untuk masyarakat.

Melalui KKN ini penulis tertantang untuk belajar sekaligus berusaha membimbing dan memberdayakan  kepada Ibu-Ibu PKK Desa Purwoagung  untuk pembuatan hand sinitizier sebagai program KKN. Selama 45 hari kedepan mulai tanggal   1   juli   2020   hingga   14   agustus   2020. Penulis merencanakan program kerja melalui beberapa  tahapan yaitu Tahapan pertama di minggu pertama adalah melakukan pendampingan dan edukasi mengenai pembuatan serta pengemasan produk yang baik agar produk terjaga kualitasnya dan  Tentunya ini juga dilakukan dengan mengedukasi komponen biaya serta nilai tambah produk jika dikemas dengan baik. 

Tahapan kedua adalah mendampingi pembuatan label sekaligus promosi yang baik.  Label  ini  dibuat dengan tulisan ‘Purwoagung Cegah Covid19’ dan diberi gambar iconic daerah untuk menujukkan produk yang di hasilkan msyarakat local tidak kalah menarik dengan yang sudah ada dan  Tahapan yang ketiga yaitu mengenalkan media marketing online seperti Instragram, Whatsapp, dan Facebook sebagai media untuk melakukan promosi  produk  termasuk  teknik dalam promosi dengan melakukan foto produk yang baik sekaligus deskripsi produk yang menarik.

Tahapan selanjutnya yaitu mendampingi dalam mengoprasikan media  marketing  online tersebut agar penjualan dapat dilakukan  dengan  maksimal dan Tahapan  yang  terakhir  yaitu  evaluasi  dari  promosi yang dilakukan menggunakan media online, apakah penjualan mengalami peningkatan atau tidak Usaha ini akan efektif bila dipromosikan oleh orang yang berpengaruh untuk menghimbau masyarakatnya menggunakan hand sinitizier untuk kebaikan pola kebersihan Bersama dan juga dapat di distribusikan di toko-toko daerah  Desa Purwoagung.

Nara sumber : (Anggun/KKN 42/Banyuwangi/Agustin)

Editor      : Imam imron.SE

Publisher: Hery Efendi

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages