Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jatim Gelar FGD virtual Hasil AKP dan PKPM - MEDIA NASIONAL CAKRAWALA

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

24 June 2020

Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jatim Gelar FGD virtual Hasil AKP dan PKPM



Surabaya,Media Nasional Cakrawala  
Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur melalui Seksi PTK menggelar focused group discussion (FGD) secara virtual membahas tindak lanjut hasil Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP) dan  Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah (PKPM) pada hari Senin (22/6). 
Focused group discussion (FGD) yang dibuka oleh HM. Syamsuri, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah berlangsung mulai pukul 13.30 wib. FGD dihadiri oleh Abdul Wafi, Kasi PTK, Abdul Munir, Khoirul Anam, Tjipto Parakoso dan M. Iksan, Konsultan dari Technical Assistance for Education System Strengthening (TASS), Hanun Asrokhah, Ketua MDC, 3 orang Pengawas Madrasah yaitu Mochamad Zaenuri dari Kantor Kemenag Kab. Mojokerto, Ida Safiaturahma dari kantor Kemenag Kab. Lamongan, dan M. Yahya dari Kantor Kemenag Kab. Gresik. 
HM. Syamsuri, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, pada saat memberikaan arahan sebelum membuka kegiatan FGD menyampaikan dukungan terhadap rencana tindak lanjut AKP dan PKPM tersebut dan berharap agar tim segera bisa menuntaskan profile Pengawas Madrasah sehingga bisa dikirim ke Kabupaten/ Kota dalam waktu yang tidak lama.
Abd Wafi, Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) pada sambutannya menyampaikan laporan kegiatan pelaksanaan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP) dan Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah (PKPM) yang sudah dilaksanakan pada tahun 2019. Ia mengungkapkan bahwa data nilai AKP dan PKPM sudah siap untuk dianalisis.
“Saya berharap FGD kali ini akan bisa menghasilkan profile Pengawas Madrasah berdasarkan analisis hasil AKP dan PKPM sehingga akan bisa ditentukan prioritas Pengembangan Profesi setiap Pengawas Madrasah”,  lanjut Wafi.
Setelah dibuka, diskusi dilakukan dengan penyampaian gagasan dari setiap peserta FGD yang dipimpin oleh Mochamad Zaenuri. Setiap peserta FGD diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat terkait topik yang didiskusikan. 
“Saya senang sekali dengan proses diskusi ini karena para peserta diskusi di FGD ini sangat antusias dalam menyampaikan gagasannya. Selain itu, gagasan dan pemikiran yang disampaikan sangat komprehensif.” Ungkap Zaenuri.
Dari proses diskusi dan dialog yang selesai pada pukul 16.05 wib, disepakati bahwa profile Pengawas Madrasah ditampilkan dalam sebuah buku laporan yang berisi nilai hasil AKP, PKPM, rerata nilai AKP dan PKPM per orang, rerata nilai AKP dan PKPM tiap kabupaten/Kota, deskripsi capain komptensi dan kinerja, dan rekomendasi prioritas pengembangan profesi tiap Pengawas Madrasah. Buku laporan akan dikirim ke Kemenag Kabupaten/Kota dalam bentuk file aplikasi by name Pengawas Madrasah. (Zenmoker)

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages