Dampak Kucing Hitam, Pemdes Sumberanyar Liburkan Kantornya ! - MEDIA NASIONAL CAKRAWALA

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

15 April 2020

Dampak Kucing Hitam, Pemdes Sumberanyar Liburkan Kantornya !




Situbondo,Media Nasional Cakrawala


Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih,  Kabupaten Situbondo liburkan perangkat desanya. Pasalnya, hal ini mencuat isu mengenai diliburkannya sampai batas tidak ditentukan, namun hal ini menjadi polemik berkepanjangan. Dan persoalan ini menjadi perbincangan hangat di kalangan warga desa tersebut. Rabu, (15/04/2020).


Pantauan tim media "libur" ini berlaku tertanggal (03/01/2020) hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Hal ini tentunya timbul pertanyaan publik dan awak media. Ketika dimintai keterangan, beberapa Perangkat Desa yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut memberikan pernyataan bahwa mereka "diliburkan" oleh DK, PJS Kades Sumberanyar yang menjabat pada waktu itu tanpa alasan yang jelas.


Mereka hanya diberi keterangan bahwa akan segera dihubungi untuk segera masuk kantor lagi. Kenyataannya hingga berita ini diterbitkan, para kerabat desa ini masih belum mendapat perintah untuk masuk kerja kembali.


TR, salah satu dari Perangkat Desa mengungkapkan, "Saya hanya bingung, ada apa kok saya sampek diliburkan ? Sampai sekarang saya dan rekan-rekan belum boleh masuk kerja lagi", kata TR dengan logat madura yang kental. "Saya takut kalau disuruh tanyak ke Pak Tinggi. Soalnya ada yang bilang kalau saya gak akan dipanggil masuk lagi", sambung DD, yang juga seorang Perangkat Desa yang "diliburkan".


Seperti diketahui bersama oleh hampir semua warga Desa Sumberanyar, sejumlah Perangkat Desa yang terdiri dari 6 Kepala Dusun dan 3 Pejabat Kaur Desa, telah diliburkan secara paksa oleh DK selaku PJS Kades Sumberanyar. "Perintah Libur" ini disampaikan secara lisan dan tanpa disertai surat tertulis apapun. Ini terjadi hanya beberapa hari setelah Suharto, Kades terpilih dilantik secara resmi pada tanggal 30 Desember 2019.


Ketika ditemui oleh wartawan, DK membenarkan isu tersebut di atas. "Memang benar bahwa saya meliburkan para Perangkat Desa tersebut secara lisan. Namun saya hanya mengikuti perintah dari Suharto selaku Kepala Desa Sumberanyar", sanggah DK. "Hal ini terkait dengan adanya kejadian aneh. Setelah pelantikan Suharto sebagai Kepala Desa, saya menemukan adanya kucing hitam di dalam laci meja kerja di ruangan Kepala Desa. 


Hal ini juga disaksikan oleh Kasun Sekarputih yang kebetulan saat itu juga ada di ruangan tersebut. "Padahal sebelumnya laci meja dan pintu Ruangan Kades sudah ditutup rapat. Dan tidak ada lubang sama sekali", kata DK menjelaskan.


"Mengetahui kejadian itu, Kades Suharto memberi instruksi kepada saya untuk meliburkan seluruh Perangkat Desa sebagai langkah sterilisasi dengan tujuan menangkal hal-hal yang tidak dikehendaki", jelas DK.


DK menambahkan, "Mengenai keputusan terhadap para Perangkat Desa selanjutnya, saya tidak tahu menahu. Itu sudah bukan wewenang saya lagi. Kan sudah ada Kades yang menjabat", pungkasnya. (Baim/St1)

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages