SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AHMAD SIBAWAYHIE KANTONGI IJIN OPERASIONAL KEMENAG RI - MEDIA NASIONAL CAKRAWALA

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

27 February 2020

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AHMAD SIBAWAYHIE KANTONGI IJIN OPERASIONAL KEMENAG RI



Situbondo,Media Nasional Cakrawala

Bertepatan Kamis 26 Pebruari Sekolah Tinggi Agama Isla m Ahmad Sibawayhie (STAIAS), Desa Demung, Kecamatan Besuki, kini sudah resmi beroperasi. Itu seiring dengan diserahkannya SK pendirian STAIAS oleh Staf Khusus Kementerian Agama (Kemenag) RI, Ubadillah Amin.Pada waktu yang bersamaan,  dilakukan pula peresmian dan peletakan batu pertama gedung perguruan tinggi satu-satunya di wilayah barat Situbondo, tersebut.

STAIAS berada di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Wafa.
Ketua STAIAS, H, Abdul Fatah, Lc, M.SEI, mengatakan, pendirian perguruan tinggi tersebut merupakan cita-cita pendiri Pondok Pesantren Nurul Wafa, KH. Ahmad Sibawayhie. “Almarhum bercita-cita, agar pesantren ini berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa,” katanya. 
Ada dua Program Studi (Prodi) yang dibuka diawal beroperasinya STAIAS. Yaitu Prodi Ekonomi Syari’ah dan Pendidikan Bahasa Arab. Abdul Fatah mengatakan, ada beberapa pertimbangan dibukanya dua prodi itu. “Peminat dan prospeknya cukup besar,” jelasnya. 
Dia berharap, STAIAS ke depan memberikan kontribusi besar terhadap pembagunan SDM yang unggul dan berkualitas. Sehingga mampu mewujudkan cita-cita bangsa. “Sesuai dengan cita-cita Presiden, Indonesia kiblat ekonomi syar’iah dunia. Kami membantu cita-cita itu melalui prodi yang dibuka,” katanya.
Selanjutnya, pihaknya akan mensosialisasikan STAIAS kepada masyarakat luas. Dia juga akan masuk ke sejumlah Madrasa Aliyah, SMA  dan SMK yang ada di Situbondo “Agar bergabung degan kami,” pungkasnya.

KH. Mahfudz Sibawayhie yang merupakan salah satu Pengasuh PP Nurul Wafa sekaligus sebagai inisiator pendirian STAIAS berharap, STAIAS mampu mencetak generasi berkualitas. Menurutnya, keberadaan pendidikan tinggi di wilayah barat Situbondo sangat dibutuhkan masyarakat. “Kami menilai ada peluang dan potensi. Makanya, kami mengambil peluang itu untuk kemudian diproses secara baik,” ujarnya. 
Beliau bersyukur, secara legalitas, STAIAS sudah bisa beroperasi melaksanakan perkuliahan. Menurutnya, ini tidak lepas dari  dukungan dan doa masyarakat Situbondo. “Semoga perguruan tinggi ini terus berkembang dan jadi kebanggan masyarakat Situbondo,” harapnya.

Adapun TIM inisiasi berdirinya Terdiri dari seluruh Dewan Pengasuh PP Nurul WAFA, M. Faris saat ini menjabat Kepala MAN 1 SITUBONDO, H. Saiful Badri kasi Haji kemenag Bondowoso.
Pada kegiatan launching dan peletakan batu pertama STAIAS kemarin, hadir Sekda Situbondo, Syaifullah. Dalam sambutannya, dia mengapresiasi pendirian STAIAS. “Pemkab Sitobondo bangga dan berterimakasih dengan diresmikannya STAIAS,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, hadir juga berapa pengasuh pesantren dan pimpinan perguruan tinggi. Ada juga Sekjen Pendidikan Agama Islam Kemenag RI, Dr Imam Syafi’i; Ketua Forum Perguruan Tinggi Keagamaan, prof H. Babun Suharto; Kopertais Wilyah IV dan UINSA Surabaya, dihadiri  Drs.  H. Syamsul Bahri; Kepala Kemenag Situbondo, Misbahul Munir’ serta tamu undangan lainnya.(Aris/hafid)

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages