KKN 24 UNIVERSITAS JEMBER GELAR ACARA SOSIALISASI KEPARIWISATAAN DILOKASI WISATA BUKIT LUWIH DESA TAPEN - MEDIA NASIONAL CAKRAWALA

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

08 February 2020

KKN 24 UNIVERSITAS JEMBER GELAR ACARA SOSIALISASI KEPARIWISATAAN DILOKASI WISATA BUKIT LUWIH DESA TAPEN



Bondowoso,Media Nasional Cakrawala

Bondowoso (7 feb 2020).
Lebih kurang selama  4 minggu mahasiswa Unej melaksanakan pengabdian masyarakat dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Tepatnya pada hari rabu(7/2), mahasiswa KKN di Dusun jatisn Desa Tapen, melaksanakan kegiatan sosialisasi kepariwisataan yang bertajuk "Pembangunan Potensi Wisata Bukit Luwih". Dalam kegiatan tersebut, turut serta menghadirkan narasumber dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bondowoso (Intan Puspita Dewi, Sst.Par.,M.Si.)dan Seorang tokoh expert dalam pengelolaan desa wisata Lombok Kulon (Baidlowi). Dalam kegiatan tersebut, turut di hadiri Kepala Desa Tapen (Hj. Irita Iriani) beserta jajaran lembaga desa.

Berdasarkan keterangan Mahasiswa KKN, kegiatan tersebut diadakan sebagai bentuk upaya pembangunan fundamental, mengingat berdirinya wisata buatan yang ada di Bukit Luwih, Desa Tapen tersebut barulah berumur 1 tahun. Sehingga perlu adanya pembangunan dalam hal SDM agar nantinya pengembangan, pembangunan, dan pengelolaan wisata tersebut dapat berjalan maksimal.

Salah satu mahasiswa selaku Kordinator Kelompok dari Fakultas Ekonomi (Desta Handra Robby) dan Teknik Elektro (Renaldi) yang melakukan KKN di Desa Tapen menyampaikan harapannya dengan diadakannya sosialisasi ini dapat bermanfaat dan memberikan dampak positif terutama pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Desa Tapen.

Sementara itu adanya masukan terkait pengembangan pembangunan potensi yang telah ada di utarakan oleh narasumber dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Penuturan Intan selaku narasumber dari DISPAR bahwasanya perlu pembangunan yang tidak hanya terfokus pada taman dan spot Selfi, namun perlu adanya pembangunan desa wisata yang bersifat edukasi dan berkebudayaan. Hal serupa juga di utarakan oleh Baidhowi ,selaku narasumber dan pengembang Desa Wisata Lombok Kulon. Menurutnya perlu pemanfaat potensi hasil alam sekitarnya, hal ini dapat berjalan maksimal apabila ditopang pembangunan SDM pengelola maupun masyarakat, sehingga nilai ekonomi sebagai hasil akhir dapat terwujud.

Menanggapi hal tersebut, HJ.Irita Iriani selaku Kepala Desa Tapen sangat mengapresiasi dan berharap besar atas hasil sosialisasi yang telah dilakukan dapat memberi dampak baik terkait potensi wisata dan pembangunan masyarakat.

Melalui Sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN ini, mahasiswa berharap kontribusinya selama ini dapat dicontoh dan berdampak positif di dalam masyarakat. Dilain hal,dengan adanya sosialisasi dan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan mahasiswa KKN, Masyarakat diharapkan mampu berfikir kreatif dalam mengembangkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya.

Hasil pantauan wartawan MNC dilokasi Kegiatan berjalan lancar aman dan tertib hingga selesai.(IMM/HR)

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages