Kanwil Kemenag Prov. Jatim Gelar Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah Serempak se Jawa Timur - MEDIA NASIONAL CAKRAWALA

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

27 November 2019

Kanwil Kemenag Prov. Jatim Gelar Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah Serempak se Jawa Timur



SURABAYA-Media Nasional Cakrawala

(Pendma) – Pada hari Rabu (27/11) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menggelar Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP) secara serentak di seluruh kabupaten/Kota. Asesmen diikuti oleh sekitar 1.175 Pengawas Madrasah tingkat RA, MI, MTs, dan MA. 
AKP dilaksanakan di tempat kerja selama 90 menit dari pukul 09.00 sampai dengan 10.30.  Pengawas Madrasah menggunakan handphone berbasis android dengan menggunakan google form. Soal AKP terdiri dari 40 item soal yang terbagi atas 4 kompetensi yaitu Supervisi Akademik, Supervisi Manajerial, Penelitian dan Pengembangan, dan Evaluasi Pendidikan. 
Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Moh. Amin Mahfud, saat membuka acara Festival Anak Soleh di Asrama Haji Sukolilo mengatakan: “Hari ini tanggal 27 Nopember 2019 para Pengawas Madrasah melaksanakan Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP) secara online di tempat kerja masing-masing. Hasil dari AKP ini akan digunakan sebagai salah satu dasar perencanaan pemetaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Pengawas Madrasah.”
“Selain AKP, pada hari Kamis tanggal 12 Desember 2019 akan diselenggarakan Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKK) dan pada hari Selasa tanggal 24 Desember 2019 akan diselenggaraakan Asesmen Kompetensi Guru RA (AKG-RA).”
“Saya mengajak kepada semua Kepala Kantor Kemenag di Provinsi Jawa Timur untuk mendukung dan mensuksekan 3 agenda asesmen ini,” Tegas Moh. Amin Mahfud.
Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Akhmad Sruji Bahtiar, menyampaikan ucapan selamat menghadapi AKP kepada semua Pengawas Madrasah. Ia berpesan agar semua Pengawas Madrasah menghadapi AKP dengan tenang dan mengerjakan soal-soal dengan jujur karena AKP tidak terkait dengan pencairan tunjangan profesi pengawas.
Selanjutnya, melalui telepon selulernya ketika dihubungi, Kasi PTK, Abdul Wafi, merasa bersyukur atas suksesnya pelaksanaan AKP yang pertama kali diselenggarakan ini. Ia mengucapkan terimakasih kepada para Pengawas Madrasah se Jawa Timur yang telah berperan aktif sejak mulai pendaftaran sampai pelaksanaan AKP ini. Ia juga mengucapkan terimakasih atas dukungan para Kasi Pendidikan Madrasah Kabupaten/Kota.

Menurut Wafi ada 2 macam Asesmen Pengawas Madrasah yaitu Asesmen Kompetensi Pengawas dan Penilaian Kinerja Pengawas madrasah. 
Secara terpisah, Mochamad Zaenuri, Pengawas MA dari Kantor Kemenag Kabupaten Mojokerto menuturkan bahwa AKP berjalan lancar dan tidak ada kendala. 
“Soal-soal AKP mudah sekali diakses dengan menggunakan handphone.”  Selain itu soal-soal AKP sudah dikelompokkan ke dalam 4 kompetensi sehingga memudahkan dalam mengerjakannya.” Tutur Mochamad Zaenuri.
“Namun, lanjutnya, soal-soal AKP kali ini benar-benar menuntut analis dan evaluasi yang tajam dari para peserta untuk menentukan jawaban yang benar.” (Zen)

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages