Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jatim Adakan FGD Hasil AKP dan PKPM




Surabaya (Pendma) –Media Nasional Cakrawala
Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur melalui Seksi PTK mengadakan focused group discussion (FGD) hasil Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP) dan hasil Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah (PKPM) pada hari Kamis (9/1).
Kegiatan FGD dibuka oleh Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Abdul Wafi, mewakili Kepala Bidang Pendidikan Madrasah. FGD yang bertempat di Ruang Sidang Bidang Pendidikan Madrasah diikuti oleh seorang Konsultan dari Technical Assistance for Education System Strengthening (TASS) dan 3 orang Pengawas Madrasah dari Kelompok Kerja Pengawas Madrasah (Pokjawas) Provinsi Jawa Timur serta 2 staf pada Bidang Pendma.
Abdul Wafi pada sambutannya berpesan agar FGD bisa menghasilkan standar analisis, bentuk buku laporan, dan rekomendasi kepada setiap pengawas madrasah. Oleh karena itu ia berharap agar Tim pada FGD cermat dan teliti dalam membaca angka-angka hasil AKP dan PKPM dan bisa menerjemahkan angka-angka tersebut dalam sebuah kalimat rekomendasi yang mudah dipahami.
Secara terpisah, Kepala Bidang Pendma, Akhmad Sruji Bahtiar, yang sedang berada di Malang, ketika dihubungi melalui telepon menyampaikan bahwa tujuan FGD adalah untuk menentukan standar analisis hasil AKP dan PKPM sebagai tindak lanjut dari AKP yang sudah dilaksanakan pada 27 Nopember 2019 dan PKPM yang berakhir pada 26 Desember 2019. 
“AKP sebagai proses pengukuran terhadap pengetahuan pengawas madrasah terhadap 4 (empat) kompetensinya telah dilakukan dengan menggunakan  instrumen atau alat ukur yang telah dikembangkan berdasarkan kaidah penyusunan soal melalui tahapan penentuan kisi-kisi, penyusunan soal, dan telaah soal. Sedangkan instrumen PKPM yang merupakan alat ukur kinerja pengawas madrasah dikembangkan berdasarkan keputusan Dirjen Pendidikan Islam nomor 6934 tahun 2014 oleh tim Pokjawas Jatim. Saya yakin nilai AKP dan PKPM akan benar-benar menunjukkan kompetensi dan kinerja setiap pengawas madrasah. Oleh sebab itu saya berharap Tim FGD ini bisa menghasilkan analisis yang valid dan reliable,” tegas Bahtiar.
Hasil analisis akan dituangkan dalam bentuk buku laporan yang berisi nilai AKP yang terdiri dari nilai 4 (empat) kompetensi yaitu supervisi manajerial, supervisi akademik, penelitian dan pengembangan, dan evaluasi pendidikan dan nilai PKPM yang terdiri dari nilai 4 (empat) tugas pokok Pengawas Madrasah yaitu penyusunan program pengawasan (K1), pelaksanaan program pengawasan (K2), evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan K3), dan membimbing dan melatih profesional guru dan atau kepala madrasah.
Selain nilai AKP dan PKPM, buku laporan yang akan diterima oleh setiap Pengawas Madrasah di Jawa Timur, juga akan berisi rekomendasi yang harus dilakukan oleh setiap Pengawas Madrasah sebagai wujud pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk peningkatan kompetensinya. (Zenmoker)
Label:

Post a Comment

AND1 Design

{facebook#https://web.facebook.com/AND1streetballer}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget