Ijazah Ditahan Sekolah, KPK : Pendidikan Hak Anak Bangsa



Situbondo -media nasional cakrawala
Diberitakan sebelumnya Roadshow KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) yang bertemakan "Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi" menjadi perhatian publik. Tentunya menjadi harapan kota santri Kabupaten Situbondo bebas dari korupsi. Dan menjadi tanggung jawab bersama untuk mencegahnya.

Disamping itu tidak lain untuk membangun karakter negeri untuk stop kepada korupsi pada usia dini tentunya disambut antusias oleh elemen bangsa. KPK juga melibatkan stekholder bersama elemen bangsa melakukan pencegahan dan pemberantasan korupsi khususnya di Situbondo dengan memberikan pemahaman dan pengenalan di pendidikan dengan melibatkan siswa / pelajar sebagai generasi penerus bangsa.

Di sela sela kegiatan pameran dan sosialisasi anti korupsi yang melibatkan siswa. Saat Tim S One menyinggung terkait penahanan ijazah yang kerap terjadi di salah satu sekolah negeri di Situbondo. Budi Santoso Penasehat KPK mengatakan, "Kalau memang kejadiannya seperti maka problemmanya ada pada institusi dimana anak-anak itu bersekolah. Justru saya mempertanyakan fungsi komite sekolah karena mestinya memihak kepada kepentingan siswa dan orang tua siswa. Tapi yang terjadi sekarang malahan kebanyakan memihak kepada sekolah".

Budi Santoso menambahkan, "Bahkan ada di luar jawa juga terjadi demikian. Bahkan menjadi broker, seolah olah menjadi kepentingan siswa dan sekolah. Hal ini tentunya harus menjadi koreksi. Kalau penahanan ijazah ketidakmampuan membayar maupun melunasi".

Lebih lanjut Budi Santoso menjelaskan, "Sekolah tidak punya hak menahan ijazah. Karena Pendidikan adalah hak mereka dan tidak seharusnya sekolah menahan ijazah. Kalau menurut saya hal itu patut dilaporkan ke Ombusdman karena tidak semua dilaporkan ke KPK", pungkasnya dengan mengakhiri wawancaranya. (St1)
Label:

Post a Comment

AND1 Design

{facebook#https://web.facebook.com/AND1streetballer}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget