KONGRES MAHASISWA PATANI SELATAN THAILAND.


Media Nasional Cakrawala
Agenda Kongres ke-5 HMPI ini, dilaksanakan di Gedung Teater IAIN Jember dalam rangka mewujudkan kongres yang sistematis demi pengembangan organisasi kearah progresif. Kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa Patani Selatan Thailand yang studi di Indonesia khususnya studi di perguruan Tinggi yang ada di Jember. Nama kongres ke-5 tersebut dalam bentuk Himpunan Mahasiswa Patani (Selatan Thailand) Indonesia (HMPI) pada hari Sabtu tanggal 16 Maret 2019 yang terdiri dari delegasi kampus perguruan tinggi yang ada di Jember yaitu Universitas Jember (Unej), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Universitas Islam Jember (UIJ) dan Universitas Muhammadiyah (Unmuh) yang hadir berjumlah 150 orang peserta. Agenda ini dihadiri oleh Pembina HPMI untuk membuka acara kongres ke-5 dengan sambutan yaitu bapak Dr. Achmad Taufiq dan sekaligus menjabat sebagai ketua LP3M Universitas Jember (Unej).
Didalam sambutan dan sekaligus meresmikan kongres ke-5 tersebut, bapak Achmad Taufiq menyatakan bahwa dapat memberikan makna dua hal, pertama mampu memberikan makna bagi penguatan, penataan kembali dan rekaderasasi atau regenerasi organisasi yang lebih progresif. Kedua, mampu memberi makna strategis bagi perjuangan masyarakat Patani (Selatan Thailand) secara menyeluruh. Karena itu, perjalanan organisasi yang dikembangkan selama di perguruan Tinggi di Jember telah memberi makna terhadap kaderisasi untuk menata kualitas dan potensi yang dimiliki sehingga berdampak positif terhadap alumni-alumni mahasiswa Patani Selatan Thailand dalam perjuangan stategis bagi masyarakatnya kelak.
Didalam sidang kongres peserta antusias untuk memberikan pandangan cerdas dan kritis didalam merumuskan organisasi kedepan agar regenerasi memiliki rasa tanggung jawab moral dan menjaga nama baik organisasi HMPI Patani Selatan Thailand di Indonesia yang lama di rintis dan berkomunikasi aktif dengan Pembina HMPI. Menurut ketua Panitia Kongres ke-5 Awwabin Hilmi menyarankan, organisasi yang dibangun dalam bentuk himpunan mahasiswa Patani Indonesia di perguruan tinggi khususnya di Jember, hendaknya kepegurusan sebelumnya harus lebih baik lagi untuk menata masa depan yang progresif agar kaderasasi mampu mencetak kemandirian intelektual, keilmuan apapun dan berusaha menggali sebanyak-banyaknya terhadap kebudayaan yang ada di Indonesia.
Kegiatan-kegiatan sebelumnya berjalan lancar sesuai dengan program organisasi HMPI, seperti seminar nasional, pelatihan pendidikan, buka bersama pada saat bulan Ramadhan, dan kegiatan-kegiatan pariwisata. Dengan berkembangnya kegiatan-kegiatan organisasi yang dilakukan oleh HMPI di Jember sehingga masyarakat Patani Selatan Thailand yang mayoritas masyarakat muslim tertarik untuk melanjutkan studi di Indonesia khususnya di perguruan tinggi yang ada di Jember sesuai dengan program dan prodi masing-masing perguruan tinggi. Kerjasama dengan instansi lain melahirkan semangat progresif bagi mahasiswa Patani agar di ikuti oleh kader-kader pengurus berikutnya sehingga HMPI mampu memberikan makna kemaslahatan masyarakatnya di Patani Selatan Thailand.
Penulis adalah Dosen Unej dan IKIP PGRI Jember(Tauhedi As'ad)

Post a Comment

AND1 Design

{facebook#https://web.facebook.com/AND1streetballer}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget