RAKYAT Bersama TNI membangun Ekonomi mengahadapi persaingan pasar globalisasi untuk selamatkan NKRI.



PANARUKAN,Media Nasional Cakrawala

Dusun Randu, Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan merupakan sebuah Perkampungan yang berbatasan dengan hutan dan memiliki kultur tanah gersang ketika musim kemarau. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani sawah, tegal, dan sebagai peternak sapi / Kambing. Namun tidak ada yang mau memanfaatkan lahan hutan milik Perhutani untuk dijadikan ladang pertanian karena memang tanah dihutan tersebut merupakan tanah gersang bercampur padas.  Namun siapa sangka tanah yang gersang dan sama sekali tidak pernah dimanfaatkan kini disulap menjadi ladang SEREH WANGI dan bisa dimanfaatkan untuk Masyarakat Dusun Randu Khususnya.

Sertu Eko Wahyudi Babinsa Desa Sumberkolak menerangkan adanya Ladang Sereh Wangi ini adalah murni dari hasil pemikiran Purtra - Putra Bangsa yang mau peduli terhadap kondisi Bangsa sehingga tercipta pemikiran untuk memanfaatkan potensi wilayah membuka Lahan Hutan lebih dari 10 Ha sebagai Ladang Sereh Wangi atas Ijin petugas Perhutani. Ladang tersebut dikelola langsung oleh Masyarakat Dusun Randu yg tergabung dalam LMDH Lembaga Masyarakat Desa Hutan, Tujuan daripada pembukaan Lahan Hutan untuk Ladang sereh wangi adalah untuk mengurangi tingkat pengangguran Masyarakat, memperbaiki tingkat perekonomian Masyarakat, membangun Ekonomi Bangsa menghadapi persaingan pasar globalisasi untuk selamatkan NKRI (ungkap sertu Eko).

Dengan adanya luas lahan yang lebih dari 10 Ha maka pada bulan Mei 2109 di Dusun Randu juga akan di bangun penyulingan minyak Sereh wangi dan pada bulan juni 2019 penyulingan tersebut sudah siap operasional, bukan hanya memproduksi penyulingan sereh wangi yang ada di Kabupaten Situbondo saja akan tetapi juga dari luar kabupaten situbondo seperti Probolinggo, Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi.
Kini Hutan yang terkenal gersang, tandus dan tidak pernah dimanfaatkan sudah mampu menjadi Ladang Sereh wangi terbesar di jawa timur dan masuk dalam HPS Jatim (Himpunan petani sereh wangi jawa timur) juga akan dijadikan sarana Edukasi pagi pelajar untuk menumbuhkan kecintaannya terhadap lingkungan dan menghargai pekerjaan petani Imbuh Sertu Eko wahyudi Babinsa Koramil 0823/05 Panarukan.(Aris,Red)

Post a Comment

AND1 Design

{facebook#https://web.facebook.com/AND1streetballer}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget