Musrembang Dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2020



Sumenep - media nasional cakrawala - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat Kabupaten, di Pendopo Agung Keraton Sumenep Madura Jawa Timur 

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim mengatakan, dalam menentukan program pembangunan lebih terarah di tahun 2020 mendatang, perlu melaksanakan kegiatan Musrenbang tingkat Kabupaten Sumenep Senin (25/03/2019).

“Dalam rangka pelaksanaan Musrenbang ini tidak hanya sebagai formalitas, melainkan harus benar-benar ada jiwa dan semangat yang baru untuk melakukan yang terbaik bagi pembangunan khususnya di Kabupaten Sumenep." Ungkap Busyro 

Selanjutnya kata Bupati, peserta Musrenbang diminta untuk mengajukan usulan. Sehingga nantinya usulan tersebut akan dipadukan dengan hasil Musrenbang dari tingkat desa hingga tingkat Kecamatan." Imbuhnya



Oleh karena itu, melihat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sumenep dapat dilihat dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di tahun 2019. Sehingha kapasitas pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019 mencapai 5,27 persen. Sedangkan pada tahun 2018 sebanyak 5,11 persen.

“Ini sudah menandakan bagi kita semua, bahwa perlu melakukan langkah untuk program yang harus kita kerjakan agar kedepannya terus terjadi peningkatan dan pertumbuhan ekonomi yang begitu tinggi."tegasnya.

Menurutnya, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Sumenep tahun 2020 itu memiliki tema peningkatan daya saing ekonomi daerah berbasis potensi dan produk unggulan daerah melalui pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan berpendidikan.

“Tema ini harus dipahami secara benar demi meningkatkan pembangunan dan perekonomian, masyarakat di Kabupaten Sumenep,” ujarnya.


Kendati demikian, untuk sektor pengangguran di Kabupaten Sumenep juga mengalami penurunan. Sejak tahun 2015 – 2018. Pada tahun 2018 sebanyak 1,83 persen menurun jadi 1,70 persen di tahun 2019. Peran pemerintah sangat penting dalam penurunan angka pengangguran serta dukungan masyarakat.

“Berbagai program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti halnya kegiatan sektor wisata dan menciptakan wirausaha muda, itu perlu diapresiasikan Sebab, pemkab Sumenep telah membuktikan mampu membentuk sentral-sentral ekonomi di beberapa kecamatan. Termasuk menekan angka pengangguran,” tuturnya.

Sementara Kepala Bappeda Sumenep, Yayak Nurwahyudi menyampaikan, dilaksanakannya Musrenbang kabupaten tersebut dalam rangka mensinkronisasikan hasil musrenbang mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan maupun forum organisasi perangkat daerah (OPD).

Demi menjadi prioritas program kegiatan pembangunan kabupaten serta memadukan perencanaan pembangunan dan penganggaran.

“Apalagi, dasar pelaksanaan Musrenbang tingkat kabupaten ini mengacu pada Undang Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional beserta seluruh turunannya untuk perencanaan pembangunan,” katanya, saat memberikan sambutan.

Adapun tahapan pelaksanaan Musrenbang tersebut, yakni dari tingkat desa sudah dilaksanakan pad tanggal 17-31 Januari 2019. Kemudian tingkat kecamatan pada 11 Februari – 5 Maret 2019.

Dilanjutkan Forum konsultasi publik sempat diskusikan bersama mirip Musrenbang sudah dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2019. Ditindak lanjuti dengan forum OPD juga sudah dilaksanakan tiap bidang pada tanggal 19-20 Maret 2019, kemarin.

“Kita sampaikan pada pelaksanaan Musrenbang Kabupaten, dimana sinkronisasi usulan program dan kegiatan sekaligus verifikasi usulan Musrenbang kecamatan yang telah disampaikan pada saat forum OPD dan akan dianulir pada sidang pleno musrenbang,” imbuhnya.

Bahkan, pada sidang pleno juga bakal dilakukan sinkronisasi baik usulan dari pokok-pokok pikiran ataupun yang disampaikan usulan secara tertulis dari peserta Musrenbang, baik dari non OPD maupun non kecamatan.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan (Bakorwil) Pamekasan, Alwi, Bupati, Wakil Bupati dan Forpimda Sumenep." Jelasnya.(Saleh
Label:

Post a Comment

AND1 Design

{facebook#https://web.facebook.com/AND1streetballer}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget