Nelayan Tidak Dapat Kartu Asuransi Jiwa, advokat Sumenep Moh.Hasan angkat bicara

Sumenep - media nasional cakrawala - Menanggapi persoalan nelayan yang tidak memiliki kartu asuransi jiwa, ketua perkumpulan nelayan seluruh madura yang sekaligus menjadi advokat senior Moh. Hasan angkat bicara.

Menurutnya, semua yang berprofesi sebagai nelayan, baik petambak pembudi daya ikan, maupun petani garam wajib diasuransikan, sebagaimana ketentuan yang berlaku.

"Jika nelayan tidak diasuransikan, maka pihak pemegang kebijakan telah menghianati UU nomer 7 tahun 2016 tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan, pembudi daya ikan, dan petambak garam, yang diamanatkan pada pasal 16 ayat 1 yang berbunyi pemerintah pusat dan pemerintah daerah bertanggung jawab atas perlindungan nelayan pembudi daya ikan dan petambak garam," Tutur Hasan. Rabu, (23/1/19).

Masih dalam keterangannya, pasal 30 sampai dengan pasal 34 sudah diatur dengan sangat jelas hak-hak sebagai nelayan, jika tidak diasuransikan pemerintah pusat dan daerah sebagai pemegang kebijakan berarti tidak dengan benar menerapkan UU nomer 7 tahun 2016.


Bahkan menurutnya, pada pasal 73 ada ancaman pidananya, setiap orang yang tidak memberikan perlindungan atas resiko sebagaimana dimaksud dalam pasal 34, dipidana penjara paling lama tiga tahun atau denda paling banyak 5 milyar", sambungnya.

"Jadi intinya perlindungan nelayan wajib dilakukan oleh negara, yaitu pemeritah pusat maupun pemerintah daerah", pintanya.


Sebelumnya, seminggu terakhir ramai diberitakan bahwa sebagian warga pesisir Sumenep yang berprofesi sebagai nelayan tidak mendapatkan kartu asuransi nelayan, hal itu diketahui ketika salah satu nelayan warga Dusun Bian Desa Kapedi Kecamatan Bluto, menyatakan bahwa dirinya tidak pernah mendapatkan asuransi jiwa bagi nelayan, padahal syarat untuk memperoleh kartu tersebut sudah terpenuhi, salah satunya wajib memiliki kartu nelayan.

Label:

Post a Comment

AND1 Design

{facebook#https://web.facebook.com/AND1streetballer}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget