Restorasi Paradikma Mahasiswa Tentang Urgensi Berorganisasi


Acara Diklat atau Rekrutmen Anggota Baru (RABA) diselenggarakan oleh organisasi intra kampus yaitu Unit Kegaiatan dan pengembangan keilmuan (UKPK) pada setiap tahun di kampus IAIN Jember pada tanggal 25 dan tanggal 30 Nopember 2019. Sedangkat pelaksanaan pelatihan diklat ruang beralokasi di ruang VIP IAIN Jember, sementara acara di lapang di Tegal Wangi Umbulsari Jember. Acara tersebut di isi dengan beragam kegiatan sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh panitia RABA baik pendidikan dan latihan (Diklat) di ruang maupun lapang dengan peserta 52 orang Salah satu acara yang di isi adalah pelatihan filsafat Fenomologi versi pendirinya Edmund Husserl dan Relasi Kuasa dan Pengetahuan perspektif Michel Foucault. Oleh karenya, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan pemikiran intelektual baik dari pemikir Barat maupun pemikir muslim dengan beragam pendekatan multidispliner sehingga peserta anggota RABA antusias untuk mendalami dan membaca perkembangan pemikiran Barat dan para intelektual muslim secara bertahap.  

Tradisi dan proses pembudayaan didalam pelatihan tersebut peserta diberikan tugas untuk membaca buku dan lalu menulis atikel sesuai tugas kelompok masing-masing dengan tema yang berbeda pula. Bahkan hasil tulisan tersebut didiskusikan kembali dan memberikan masukan dari kelompok lain agar tulisan diperbaiki. Dengan model pelatihan tersebut kerangka berpikir harus dibangun dan model gaya penulisan akan melahirkan corak dan karakter para penulis bisa diketahui alur analisisnya sehingga hasil penulisan tersebut orisinil. Tradisi pengembangan keilmuan tersebut sebagai ciri khas UKPK tentunya di pertajam dan di bimbing melalui pelatihan penulisan karya ilmiah, karena jantung perguruan Tinggi adalah melahirkan kaum intelektual dan peneliti dengan hasil penelitian yang bertaraf nasional dan internasional sebagaimana yang diajurkan oleh pemerintah baik dari kementerian agama (kemenag) maupun kementerian riset dan teknologi (Kemenristek). 

Sebagai kaum akademik dan kaum intelektual, khususnya bagi warga UKPK IAIN Jember berkomitmen untuk melakukan kesadaran diri, agar mampu menjawab persoalan-persoalan yang terjadi saat ini, dinamika sosial keagamaan, politik dan budaya terus dianalisis dengan cara menulis dalam bentuk penelitian ilmiah. Tentunya parangkat-perangkat penelitian harus dipersiapkan dan selalu bekersajama dengan pihak-pihak tertentu agar tulisan kaum intelektual bisa diterima dengan hasil penelitian tersebut biasa di pertanggung jawabkan dan kemudian dijadikan bahan pembelajaran bagi masyarakat umum. 


Harapan saya, jangan bosan membaca buku apapun, jangan bosan berdialog dengan siapapun, dan jangan takut mengkritik kebenaran dalam bentuk penulisan baik penulisan artikel, makalah, jurnal dan media sosial yang lain. Semoga wacana ilmu pengetahuan bermanfaat untuk kita sebagai insan intelektual dan akademisi sebagai bangsa dan negara yang bermartabat. Amin. 

Post a Comment

AND1 Design

{facebook#https://web.facebook.com/AND1streetballer}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget